Monday, March 19, 2012

Keunggulan dan manfaat Gypsum


Gipsum semakin diminati sebagai bagian dari pelengkap konstruksi karena sejumlah keunggulan dan dan manfaatnya. Selain ringan dan halus, gypsum juga kuat. Untuk partisi, gypsum dipilih sebagai pengganti tembok-tembok batu yang cenderung kurang praktis, tidak aman, dan membutuhkan biaya lebih besar. Demikian pula, dengan gypsum, plafond bisa tampil lebih cantik dan menawan. Berikut ini keunggulan dan manfaat gypsum.
A. Keunggulan Gypsum
1. Mudah diperbaiki
Apabila terjadi kerusakan padagypsum yang disebabkan jamur, flek dan benturan eksternal, kita dapat dengan 
mudah memperbaikinya. Potong bagian yang      rusak dan menyambungnya dengan potongan gypsum yang baru. Ratakan sambungan tersebut dan cat ulang dengan warna sejenis.
2. Hemat biaya
Pengerjaannya yang praktis dan efisien membuat kita tidak perlu lagi menggunakan peralatan atau bahan 
pendukung lainnya. Selain itu, waktu pengerjaan lebih cepat ketimbang dinding tembok.
3. Desain fleksibel
Gypsum memiliki fleksibelitas dalam hal desain. Baik itu klasik, minimalis, modern, simpel dan lainnya. Gypsum juga banyak digunakan untuk keperluan dekorasi interior.
4. Tahan api dan panas
Gypsum standar lebih kuat menahan api dibanding tripleks. Selain itu gypsum juga mampu menepis panas.
5. Mudah menghindari jamur
Jika terkena jamur, kita bisa mengolesinya dengan menggunakan cat minyak. Setelah kering, lapisi dengan cat tembok. Permukaan gypsum akan nampak indah kembali.
6. Kedap suara dan tahan lama
Pemakaian gypsum sebagai pelapis dinding dapat membantu meredam gema yang ditimbulkan akibat pantulan balik suara. Gypsum juga memiliki daya tahan dan tingkat stabilitas yang tinggi dibanding bahan lain yang memiliki risiko terbakar dan terserang rayap.
7. Water resistant
Pada produk gypsum tipe tertentu, terdapat gypsum yang tahan terhadap air. Hanya saja untuk produk ini relatif lebih mahal ketimbang gypsum standar.

Manfaat Gypsum
1. Plafon
Plafon merupakan sistem langit-langit gantung. Dengan material gypsum maka plafon dirancang untuk mendapatkan langit-langit dengan sambungan rata dan tidak terlihat pada ketinggian yang dikehendaki.


2. Sistem dinding partisi
Sistem dinding partisi gypsum merupakan sistem yang ringan & ekonomis, terdiri dari satu lapis panel gypsum atau lebih yang dipasang pada rangka alumunium dengan menggunakan skrup pada setiap permukaannya.


Sistem dinding partisi gypsum umumnya digunakan pada apartemen, pertokoan, perkantoran dan industri.


Panel gypsum dibuat dengan formulasi distribusi kepadatan yang merata sehingga memiliki daya tahan terhadap tekanan tertentu serta lebih ringan karena dari material kapur, disamping hal tersebut panel gypsum juga memiliki sifat fleksibel atau mudah dibentuk dan kelebihan kelendutan yang minimum.


Keunggulan gypsum

a.  Ringan 

Berat dinding panel gypsum hanya 20% dari berat dinding batu bata


b. Tahan api 
Sistem dinding partisi gypsum tidak mudah terbakar
c. Fleksibilitas untuk disain 
Gypsum yang ringan ini memungkinkan fleksibilitas dalam hal disain. Dinding dengan gypsum juga dengan mudah direnovasi (atau dipindahkan) dan dapat dibuat melengkung, diharuskan penggunaannya dalam gedung-gedung tinggi.


d. Meredam suara
Bermacam-macam sistem tersedia untuk memenuhi kebutuhan peredam suara


e. Pemasangan yang cepat 
Sistem dinding partisi gypsum sangat cepat pemasangannya sehingga mempercepat penyelesaian suatu pekerjaan


Komponen untuk plafond gypsum atau partisi gypsum


a. Rangka hollow 4×4cm
b. Rangka hollow 2×2cm
c. Scrup panjang 25 mm dan 45 mm
d. Panel gypsum 9 mm atau 12 mm
e. Compound untuk gypsum

No comments:

Post a Comment