Saturday, March 17, 2012

Memahami Kebutuhan Penyewa

Kesulitan dalam mempersiapkan rumah agar menarik penyewa adalah karena setiap penyewa memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Penyewa yang merupakan anak sekolah biasanya akan lebih memilih untuk tinggal di dekat sekolah mereka, sementara penyewa yang berupa keluarga dengan anak keci tentunya akan lebih menyukai lingkungan yang dilengkapi dengan arena bermain, taman dan fasilitas lain yang menunjang perkembangan anak-anak mereka.

Selain itu, permasalahan kedua adalah  jangka sewa. Beberapa penyewa mungkin hanya tertarik untuk menyewa properti untuk jangka pendek, misalnya karena rumah mereka sedang direnovasi, atau mereka sedang dalam proses pindahan rumah namun belum tuntas.

Sekumpulan orang lainnya mungkin memang ingin menyewa untuk jangka yang belum ditentukan. Oleh sebab beragamnya jangka sewa ini, anda sebagai pemilik harus menentukan tipe penyewa yang anda inginkan. 

Ada lima panduan dasar yang pemilik harus pertimbangkan ketika mengisi rumah dengan furnitur apabila rumah tersebut hendak disewakan.

Ketika anda mulai mempersiapkan apartemen atau rumah untuk disewa, anda perlu mempertimbangkan apa yang kira-kira akan diperlukan oleh penyewa anda. Biasanya, furnitur dasar yang perlu disiapkan adalah lemari dapur, mesin cuci, dan kompor gas.

Anda juga perlu mengganti alat-alat rumah tangga yang rusak, misalnya semprotan mandi, bohlam, kenop pintu, atau misalnya anda perlu mengganti lampu yang sudah redup. Jika masih dirasa kurang terang, mungkin anda perlu menambah jumlah lampu di ruangan tersebut. Setidaknya, penyewa akan lebih tertarik kepada properti yang fasilitasnya berfungsi baik dan lancar.

Membuat calon penyewa merasa betah sangatlah penting. Mereka harus mampu membayangkan hidup mereka di sana. Simpan barang-barang pribadi dari properti yang anda sewakan dan lakukan pengecatan ulang. Warna-warna netral mungkin akan lebih baik dan fleksibel, karena anda mungkin tidak mengetahui selera calon penyewa.

Selain itu, jika penyewa anda tidak memperbarui kontrak sewa mereka, anda tidak perlu mengecat ulang properti ketika menyewakannya ke penyewa lain.

Persiapkan diri anda untuk menjawab banyak pertanyaan. Penyewa mungkin akan menanyakan berbagai pertanyaan, dari mulai transportasi umum di dekat properti, sekolah-sekolah di area tersebut, sampai bagaimana cara menggunakan alat dapur.

Walaupun sebaiknya anda tidak membuntuti mereka ketika mereka melakukan kunjungan, pastikan anda mudah ditemukan ketika mereka memiliki pertanyaan untuk anda.

Fleksibel dengan kunjungan. Penyewa yang tertarik mungkin akan meminta izin untuk melakukan kunjungan di waktu-waktu yang tidak nyaman untuk anda. Untuk itu, upayakan agar anda tidak mengecewakan penyewa dan coba untuk kompromikan waktu yang tepat untuk berkunjung. Calon penyewa mungkin akan melakukan beberapa kunjungan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan suasana lingkungan tempat tinggal anda, atau juga karena calon penyewa bimbang karena ada pilihan properti lain sehingga perlu melakukan kunjungan ulang.

Jangan merasa keberatan jika calon penyewa mengambil foto properti anda. Tujuan mereka adalah untuk mengingat bagaimana properti anda terlihat, karena mungkin saja mereka sedang menimbang lebih dari satu properti. Foto akan membantu mereka mengingat detil-detil yang ingin mereka ketahui tentang properti anda.

©RUMAH.COM Agustus 2011
http://www.rumah.com 

No comments:

Post a Comment