Sunday, March 11, 2012

Kreasi Cat Pada Dinding

Mendesain rumah saja sudah menyita waktu. Tetapi ketika interior rumah telah tertata, menhias dinding yang kosong adalah hal lain yang harus diperhatikan.

Bukan hanya foto, poster atau lukisan saja yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi dinding. Malah, benda benda pajangan tersebut bisa diminimalkan dan diganti dengan kreasi cat.

Cobalah menilik tehnik tehnik pengecatan yang selama ini belum diterapkan. Tehnik dragging, misalnya, yang membentuk pola dengan tekstur bergaris. Teknik ini memerlukan bantuan sikat atau sisir bergigi jarang untuk menciptakan tektur tersebut. Pertama, catlah dinding dengan cukup tebal mengunakan kuas. Ketika cat masih agak basah, segera buat pola yang diinginkan dengan mengunakan sisir bergigi tersebut. Memadukan garis vertikal dan horisontal, membentuk gelombang, membuat gerakan seperti huruf "S", merupakan beberapa pola yang bisa dilakukan dengan tehnik ini.

Demikian pula dengan tehnik combing, yang bisa dilakukan dengan cara menekan kuas berukuran sedang pada dinding. Hasilnya, ketika kering dinding memiliki tekstur garis yang lebih rapat dan dapat membantu memanipulasi ruangan.

Tehnik pencatan lain pun bisa digunakan dengan alat pembentuk motif yang beragam. Mulai dari kain renda, spons, plastik yang digumpalkan, atau dengan membuat cetakan dari motif kain atau gambar yang diinginkan.

Selain dengan tehnik tehnik pencatan di atas. Anda pun dapat berkreasi dengan membuat pola sesuai keinginan. Misalnya membuat pola bunga yang cukup besar dengan sapuan kuas dan tidak perlu terlalu rapi . Sapuan-sapuan kuas justru akan menghadirkan tekstur tersendiri ketika kering.

Bisa juga dengan membuat pola anyaman bambu yang mengunakan kuas kecil, tetap dengan memberi efek sapuan kuas, Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghadirkan kesan natural dalam rumah dan cocok bila diterapakn di dalam ruang informal.

Cara-cara ini tidak hanya membuat tampilan dinding lebih menarik dan unik, tetapi juga dapat menutupi adanya retak retak rambut atau permukaan dinding yang tidak rata. Yang pasti sesuaikan pola cat tersebut dengan fungsi dan gaya ruang.

_____
Sumber : Kompas.com

No comments:

Post a Comment